Create your own fancy glitter text!

Pengenalan UTP

UTP merupakan kepanjangan dari “Unshielded Twisted Pair”. Dinamakan unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Kategori Kabel UTP Kabel UTP sebenarnya terdapat 7 kategori. Akan tetapi yang biasa digunakan untuk LAN ialah kategori 5 atau yang biasa disebut cat-5.
Berikut ini ialah kegunaan dari kabel kategori 1-7 :
kategori 1: sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service)telephone dan ISDN.
kategori 2: dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps
kategori 3: dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz danlebih populer untuk pemakaian 10mbps.
kategori 4: Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps tokenring network.
kategori 5: Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengankecepatan 100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untukgigabyte ethernet network.
kategori 5e: Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih supportgigabyte ethernet network.
kategori 6: Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5dan cat-5e
kategori 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps
kategori 7: di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz.
Dalam membangun sebuah jaringan, langkah awal yang dilakukan adalahmemilih konfigurasi kabel yang tepat. Terdapat 2 konfigurasi kabel yaitu tipe Straight dan tipe Cross.
Tipe straight digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan yangmemakai hub/switch atau client ke hub. Sedangkan tipe cross digunakan untukmenghubungkan komputer jaringan yang tanpa memakai hub/switch atau clientke client.
Bentuk-bentuk koneksi pada masing-masing model :Koneksi kabel UTP model straightPin 1 2 3 4 5 6 7 8U I OP O HP B BP H CP CU II OP O HP B BP H CP C
Koneksi kabel UTP model crossPin 1 2 3 4 5 6 7 8U I OP O HP B BP H CP CU II HP H OP B BP O CP C
KETERANGAN :
OP : ORANYE PUTIH
H : HIJAU
BP : BIRU PUTIH
HP : HIJAU PUTI
HO : ORANYE
CP : COKELAT PUTI
HB : BIRU
C : COKELAT
Perangkat Pengguna Kabel UTPPerangkat-perangkat yang biasa terhubung dengan kabel UTP ialah :
1. RepeaterFungsi utama dari repeater ialah menerima sinyal dari satu segmen kabel LANdan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal aslipada segmen kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini, jarak antaradua jaringan komputer bisa diperjauh.
2. BridgeBridge bekerja dengan meneruskan paket Ethernet dari satu jaringan kejaringan lain. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakanmetode transmisi yang berbeda dan atau medium acces control yang berbeda.
3. SwitchFungsi Switch sama dengan Bridge, hanya saja Switch merupakanpengembangan dari Bridge. Pada awalnya Bridge diimplementasikan denganbasis software (software based), sedangkan Switch menggunakanimplementasi hardware dalam bentuk ASIC (Appication Specific IntegratedCircuit).
4. HubFungsi hub sama halnya dengan fungsi Switch. Hanya saja Hub punyabeberapa kelebihan dibandingkan dengan Switch.
5. RouterRouter memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan kejaringan yang lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanyadan dapat juga digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN (Local AreaNetwork).
6. EthernetEthernet adalah interface yang merupakan sebuah card yang terhubung kecard yang lain ke Ethernet hub dan kabel UTP atau hanya menggunakansebuah kabel BNC yang diterminasi di ujungnya.
Sumber dari http://www.lpp.uns.ac.id/web/moodle/moodledata/46/moddata/assignment/1/395/M3106029.pdf

0 Comments:

Post a Comment